Rabu, 02 Juni 2010

Ketika Cewek SMA Bermain Futsal*



Fenomena Futsal yang mulai berkembang di awal tahun 2000-an ini memang menjadi suatu penyegaran sendiri dari penikmat olah raga Sepak Bola. Pasalnya, permainan Futsal yang cenderung praktis, dan efisien lebih seru dimainkan.

Hanya butuh 2 tim yang masing-masing terdiri dari lima orang, dan ukuran lapangan yang lebih kecil dari ukuran lapangan Sepak Bola, maka semakin populerlah Futsal. Sama halnya dengan Sepak Bola, tujuan utama olahraga ini ya memasukan bola ke gawang lawan, dengan memanipulasi bola dengan kaki. Namun, berbeda dengan sepak bola dalam ruangan lainnya, lapangan futsal hanya dibatasi garis buka net atau papan.

Nggak heran kalau kepopuleran olah raga Futsal menyebar luas kesemua kalangan. Mulai dari orang dewasa, hingga anak-anak sudah banyak yang memainkan olahraga ini, termasuk siswa SMA. Saat ini sudah banyak sekali SMA yang punya ekstrakurikuler Sepak Bola dan Futsal. Salah satunya adalah ekstrakurikuler Bulungan Football Club (BFC) SMA 70 Jakarta.


Beralih dari Sepak Bola ke Futsal

BFC resmi berdiri sejak 17 September 1985, dengan konsep ekstrakurikuler Sepak Bola lapangan besar. Di awal berdirinya klub ini, tentu saja di dominasi anggota cowok yang memang ingin menjadi pemain sepak bola. Namun, lama-kelamaan kegemaran akan olahraga Sepak bola lapangan besar semakin teralih kepada Futsal. Hal ini terbukti dari semakin sedikitnya lembaga-lembaga yang mengadakan turnamen sepak bola untuk siswa SMA.

Hingga akhirnya di tahun 2003, BFC SMA 70, mulai mengikuti turnamen-turnamen Futsal di sela-sela mengikuti turnamen Sepak Bola. Yang bikin PC Plus terheran-heran lagi, ternyata sejak awal dbukanya Futsal dalam BFC, peminatnya justru banyakan cewek loh! “Yah, memang karena turnamen-turnamen Futsal yang sering diadakan tuh rata-rata buat cewek.” Ungkap Ardy, pelatih Futsal BFC 70.

Generasi pertama Futsal BFC ada sejak tahun 2003, saat itu anggotanya hanya 7 orang saja. Pas untuk main futsal, dan yang pasti jago-jago. Di tahun 2004-2005, masa generasi kedua tim futsal cewek BFC, anggotanya seudah bertambah sekitar 10 orang. Dan mulai generasi ketiga di tahun 2007-an sampai saat ini, peminat futsal BFC semakin meningkat, bahkan banyak anggota cewek daripada cowok loh!

Hingga saat ini, futsal BFC SMA 70 telah memasuki generasi kelima. Anggotanya sudah sampai 15-20-an anak yang berasal dari kelas 1, 2, dan 3. Saat bertanding, tentunya seluruh anggota tim berbaur jadi satu. Sang pelatih memilih siapa saja yang memang pantas dan menjadi kebutuhan tim saat bertanding. Nggak pandang bulu si anggota berasal dari kelas berapa.

Hanya saja saat latihan, porsinya berbeda. Untuk kelas 3 yang sudah mulai sibuk sama berbagai ujian sekolah, pelatih futsal BFC memberikan kelonggaran kepada mereka, beda dengan siswa kelas 1 dan 2 yang benar-benar secara fkus dilatih agar skill dan kualitas bermain futsal mereka jadi lebih jago!

Seminggu dua kali anggota Futsal BFC berkumpul di lapangan Futsal sekolah mereka untuk latihan, yaitu setiap Rabu sore (setelah mereka pulang sekolah), dan Sabtu Pagi mulai pukul 07.30 WIB.

Prestasi yang Seabreg

Ngomongin soal prestasi wah BFC SMA 70 Jakarta udah nggak bisa diragukan lagi. Tim futsal cewek BFC SMA 70 adalah salah satu dari sekian tim futsal cewek SMA yang disegani saat ikut bertanding di berbagai turnamen. Nggak heran kalau gelar juara selalu didapat oleh mereka. Mau tau apa aja? Ini ada beberapa daftar juara yang pernah mereka dapatkan. Nggak bisa PC Plus tulis semua..takut nggak muat. Hehehe..

è Juara I Street Soccer SMA 8 (2004)

èJJuara II Street Soccer SMA 8 (2004)

è Juara I Bulungan Cup SMA 70 (2005)

è Juara III Bulungan Cup SMA 70 (2008)

è Juara II BasKom SMA 68 (2008)

è Juara II BasKom SMA 68 (2009)

è Juara II TM Cup SMA Tirta Marta (2009)

è Juara I Bersama Daha Cup SMA 82 (2009)

è Juara I Sky Batle SMA Labschool Kebayoran (2010)

è Juara I Bulungan Cup SMA 70 (2010)

Ini belum seberapa loh! Masih banyak yang lainnya..! Jadi, ada yang berani lawan tim futsal BFC SMA 70? Hehe…

Sekilas tentang SMA 70 Jakarta

Siapa sih yang nggak tau SMA 70 Jakarta? Nggak gaul banget kalu sampai nggak tau sekolah yang berdiri dikawasan Bulungan Jakarta Selatan ini. Pasalnya SMA 70 ini merupakan sekolah unggulan yang tentunya berstatus Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional.

Sejarah awalnya, SMA Negeri 70 Jakarta adalah gabungan dua SMA Negeri bertetangga, yaitu SMA Negeri IX dan SMA Negeri XI yang masing-masing berdiri tahun 1959 dan 1960. Kedua sekolah ini bergabung pada 5 Oktober 1981, yang selanjutnya diperingati sebagai hari ulang tahun SMA Negeri 70 Jakarta. Pada saat penggabungan, SMA Negeri 70 Jakarta memiliki 91 kelas yang terdiri dari 4.806 orang siswa, 183 orang guru, 75 orang karyawan, dan 11 orang wakil kepala sekolah. Weeew, banyak yaaahh!

Sampai saat ini pun SMA 70 merupakan sekolah favorit dan unggulan, dimana banyak siswa SMP di kawasan Jakarta Selatan yang berlomba-lomba untuk masuk ke sekolah ini. Wajar siih, emang SMA 70 tuh keren banget! Selain kurikulumnya yang oke, fasilitas baik sarana dan prasarana yang menunjang seluruh program belajar mengajar di sekolah ini tergolong lengkap dan canggih!

Hmm, buat para siswa SMP yang mau masuk SMA dan penasaran sama SMA 70 Jakarta ini, buruan deh cari tau informasi selengkap-lengkapnya. Nggak usah ragu dateng langsung ke SMA 70 Jakarta, atau buka portal websitenya di http://sman70-jkt.sch.id . (Yona) foto : Doc. BFC SMA 70 Jakarta.


*Ini adalah tulisan saya yang di order tabloid PC Plus, untuk rubrik Rocks yang akan terbit seminggu lagi*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar